Mamat Metro

Mamat Metro

Orang Miskin Baru

Orang Miskin Baru, Kisah Sedih Yang Menyenangkan


Orang Miskin Baru,  kita singkat OMB, sebuah serial bersambung yang ditayangkan RCTI, mulai tayang 13 Maret 2020 lalu. OMB bercerita tentang pengusaha tajir melintir di Jakarta bernama Untung Wijaya (Teddy Syach), yang akhirnya bangkrut dan jatuh miskin. Bersama istrinya, Soraya (Tessa Kaunang) dan ketiga anaknya, Dinar (Dea Annisa), Artha (Arnold Leonard), dan Aghiz (Jericho Gautama), mereka pindah ke sebuah kampung, namanya Kampung Udin. Di Kampung inilah Rafli (Umay Shahab), cowoknya Dinar yang pernah dihina-hina Untung tinggal bersama orangtuanya, Marjuki (Derry Drajat). Marjuki sendiri pernah datang ke rumah Untung bersama Rafli, dalam rangka ingin berkenalan dengan Dinar, putrinya Untung. Saat itulah Untung marah, karena sama sekali tidak mengharapkan kedatangan Marjuki dan Rafli, yang diikuti oleh warga (yang salah sangka, mengira Marjuki mau acara tunangan Rafli). Sejak saat dihina dina itu, Marjuki dendam pada Untung.



Untung dan keluarga yang biasa hidup enak dan serba gampang pada akhirnya harus menghadapi kenyataan, hidup kismin bahkan lebih 'jeblok' dari kebanyakam warga di kampung baru-nya. Rumah yang mereka tempati belum ada barang-barangnya, listrik juga mati, wc mampat, dan hal-hal lain yang bikin mereka sebenarnya tidak betah. Tapi Untung berusaha menyabarkan keluarganya, terutama Artha yang sebentar-sebentar ngambek kepingin pergi dari rumah.

Di waktu kemudian, Untung terkejut manakala melihat Marjuki ternyata tinggal di kampung itu, dan Marjuki juga kaget karena orang yang pernah menghina dina diri dan warga kampungnya tiinggal di rumah jelek. Namun Untung gak kurang akal. Dia mengatakan, di kampung itu dia dan keluarganya sedang belajar miskin! Marjuki gak percaya, tapi semua warga percaya!

Adegan salah satu episode OMB

OMB yang awalnya tayang pada pukul 17.15 wib, sebenarnya lumayan berhasil menyita perhatian penonton, karena pada awal-awal penayangannya meraih rating dan share cukup memuaskan.  Tetapi akhirnya tayangan di-stop karena tidak mendapat izin shoting berkenaan dengan Covid 19.  Meskipun begitu, pada 18 April, OMB kembali ditayangkan, dengan memindahkan lokasi shoting ke dalam MNC Studio, Kebon Jeruk, Jakbar. Hanya saja, jam tayangnya dirubah menjadi jam 21.45 wib.

Saat awal tahu jam tayangnya dirubah, Tim Penulis OMB di WAG mereka sudah memprediksi pola penonton akan berubah, dan akan berimbas pada perolehan rating dan share. Dan benar saja, hanya beberapa episode tayang, rating/share OMB drop dan tayangan di-STOP!***



zaenal radart
    

 



Share on Google Plus

About zaenal radar

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Cowok Romantis

Cerpen  Zaenal Radar T. Dimuat majalah Gadis , No.30   11-20 November 2008 gbr: premiumtours.co.uk Bagiku, Palris cowok rom...