Mamat Metro

Mamat Metro

Alex Vs Alex

Cerpen Zaenal Radar T.
Dimuat di majalah Aneka Yess! No.02  19 Januari – 01 Februari 2009



               Semua anak kelas 11 Sos 5 udah sama-sama tahu kalo Alexa Ferissa bermusuhan dengan Alex Ferdian. Tapi gak ada seorang siswa pun tahu apa yang menyebabkan keduanya selalu saling menjatuhkan. Baik Alexa Ferissa sendiri, yang biasa dipanggil Alex oleh anak-anak, maupun Alex Ferdian, yang juga disapa Alex, nggak pernah mau menceritakan masalah sebenarnya.
 
pic: www.kawankumagz.com
               “Lex, gue kok ngerasa kalo elo tuh cocok banget sama dia... ngapain sih lo masih aja bikin rencana-rencana buat mempermalukan dia...” ujar Herdi, sahabat kental Alex Ferdian, saat Alex Ferdian hendak menyebarkan berita bila Alexa Ferissa adalah seorang lesbi.
“Her, lo boleh aja bilang gitu, kayak anak-anak lainnya... Tapi buat gue, Alex tuh musuh abadi gue! Gue nggak bakalan damai sampai kapanpun, sampe rasa sakit hati gue belum kebayar!!” ujar Alex Ferdian, tanpa menyebutkan masalah sesungguhnya.
“Oke, Oke... gue ngerti... tapi...”
“Udahlah, Her! Lo nggak usah banyak tanya masalah gue sama dia. Yang penting, tolong lo jaga rahasia kita ini. Jangan sampai si cewek resek itu tau! Dan minggu ini kita akan sama-sama denger berita heboh di sekolah, kalo dia tuh lesbi! Hahahah...!” Alex Ferdian tertawa hingga tubuhnya berguncang-guncang. Saat itu ia tak menyadari bila Alexa Ferissa berada tak jauh darinya. Alexa Ferissa memandang kegembiraan Alex Ferdian dari salah satu koridor kelas, bersama dengan dua sohib kentalnya, Ratu Elizabeth dan Pupuy Yudoyono (ups...kedua nama ini nggak ada sangkut pautnya sama sekali sama pemimpin negara, loh... hehehe).
“Coba lo liat tuh si sengak! Lagunya semakin sengak aja!!” ujar Alexa Ferissa, sambil terus menatap Alex Ferdian dari kejauhan.
“Tapi Lex... kok, kayaknya Alex si sengak itu makin... makin.... ganteng aja ya...?” Ratu Elizabeth, yang rada-rada telmi tapi jujurnya minta ampun, memberi komentar.  Hal itu membuat Alex marah besar.
“Apa lo bilang!!?” Alexa Ferissa mencengkeram kerah seragam Ratu Elizabeth. Terpaksa Pupuy Yudoyono melerainya.
“Lex... Alex... udah, ah! Gitu aja marah... tuh, nggak enak diliatin sama anak-anak lainnya...!” ujar Pupuy, sambil memegangi cengkeraman tangan Alex yang sungguh kokoh, sekokoh tangan preman terminal pelabuhan Tanjung Priok. Alex akhirnya melepas cengkeraman tangannya.
“Abisnya sih, nih anak nggak bosen-bosennya muji-muji si sengak itu!!”
“Sor..sor... sori Lex... Gue kelepasan... abisnya... kan si Alex itu emang ganteng banget... upsss...!!” Ratu Elizabeth kembali kelepasan ngomong.
“Tuh! Muji-muji lagi, deh!” Alexa Ferissa kembali hendak mencengkeram kerah seragam Ratu, tapi buru-buru ditepis Pupuy. Untung Pupuy ini salah satu partner taekwondo Alex. Kalo nggak, tangan Pupuy bisa memar karena menepis tangan Alex yang sekeras baja.
“Udah, ah! Yuk, kita ke perpus! Tadi katanya lo minta dianter pinjem buku..!” Pupuy akhirnya menarik Ratu Elizabeth dan Alexa Ferissa ke perpustakaan sekolah. Sementara itu Alex Ferdian dan Herdi masih saja tertawa-tawa. Herdi menepuk-nepuk bahu Alex, sambil memegangi perutnya,
“Tapi Lex... bentar dulu Lex...” ujar Herdi tiba-tiba, membuat Alex menghentikan tawanya.
“Apa Her...?”
“Anu Lex... eee... apa lo nggak nyesel nyebarin berita kayak gini? Apa ini nggak dianggap keterlaluan...? Lagian, kalo menurut gue, kayaknya... rada-rada nggak masuk akal, deh... Alex itu kan... cantik banget, meski dia agak-agak tomboy... apa anak-anak nantinya percaya kalo dia dibilang lesbi?”
Alex Ferdian menarik nafas berat, sambil memandangi Herdi dengan sebal.
“Denger ya Her... lo tau nggak, gue tuh bosen banget dengerin elo bilang kalo Alex si perek brengsek itu cantik! Berhenti deh muji-muji dia..”
“Emang kenyataannya gitu, sih??” potong Herdi, membuat Alex Ferdian semakin kesal.
“Her! Udah deeeh.. berhenti muji-muji dia terus! Atau, jangan-jangan lo suka ya, sama dia? Kalo lo suka, kejar aja... tapi inget, lo jangan lagi ketemu sama gue sampai kapan pun! Dan elo bakalan jadi musuh abadi gue juga!!”
“Eh... bentar dulu, Lex! Gitu aja kok marah...?”
“Jelas aja gue marah! Elo juga sih...?!”
“Oke, oke... gue minta maaf. Ya udah, sekarang lo anter gue ke perpus!”
Herdi menarik lengan Alex menuju ke perpustakaan sekolah.
Setibanya di perpus, Herdi dan Alex Ferdian berpapasan dengan Alexa Ferissa Cs. Alex Ferdian dan Alexa Ferissa saling acuh. Sementara Herdi senyam-senyum cari perhatian pada Alexa Ferissa dan teman-temannya. Alex Ferdian memelototi Herdi, kesal melihat sikap Herdi. Herdi akhirnya menunduk, takut Alex Ferdian benar-benar marah padanya.
“Lex, lo tunggu di sini... Gue mau ambil buku yang mau gue pinjem...”
“Oke Her... jangan lama-lama. Tiba-tiba gue muak banget ada di sini...”
Herdi melangkah menuju ke arah buku yang hendak ia pinjam. Sementara itu, Alexa Ferissa berjalan menuju rak buku di mana Herdi tengah melihat-lihat buku yang dicarinya. Ketika Herdi hendak mengambil buku yang dicarinya, tangan Herdi sama-sama mengambil buku yang hendak diambil Alexa Ferissa. Keduanya memegang buku yang sama.
“Eh... eee... lo mau pinjem buku ini juga, Lex..?!”
“Iya... lo juga?”
“Tapi kalo lo butuh banget, lo pinjem aja dulu. Gue ntar aja deh...”
“Lo aja dulu deh...”
“Nggak, elo aja duluan... gue belakangan aja...”
Herdi memberikan buku yang dipegangnya pada Alexa Ferissa.
“Oke deh, thanks ya...”
Alexa Ferissa tersenyum pada Herdi. Herdi lalu kembali pada Alex Ferdian, mengajaknya keluar perpus. Alex Ferdian bingung karena Herdi nggak membawa buku yang hendak dipinjamnya.
“Udah dipinjem orang lain, Lex... besok aja deh...”
***
Sekolah menjadi gempar tentang pemberitaan Alexa Ferissa sebagai lesbian. Sebagian anak-anak percaya khabar tersebut, dan merasa ingin tahu. Mendadak Alexa Ferissa menjadi sibuk dan dikejar anak-anak, seperti selebritis bermasalah diburu wartawan infotainment.
“Lex... bener nggak sih? Kalo iya, sayang banget! Soalnya gue udah lama naksir elo!” ujar salah satu cowok, pada Alexa yang disangka lesbian.
“Lex... nggak pa-pa kalo emang itu bener. Gue tetep mau jadi temen lo, asal lo nggak macem-macem aja sama gue... hehehe....” ujar salah satu temen cewek sekelas Alexa Ferissa.
“Lex... gue nggak mau main sama elo, ntar gue ketularan lagi... hiyy...”
“Lex... gak nyangka banget deh sama elo... nggak taunya elo tuh... ih, jijay banget gue!”
“Pantes kalo elo dulu nolak gue Lex, ternyata elo tuh...”
Alex menjadi bulan-bulanan anak-anak satu sekolah. Dan ternyata, Alex yang selalu tegar bila menghadapi masalah, kali ini harus bersedih dan menutup diri. Ratu Elizabeth dan Pupuy Yudoyono tak bisa berbuat apa-apa, karena berita tentag Alexa Ferissa lesbian sudah terlanjur menyebar ke seluruh pelosok sekolah.
“Gue mau berhenti sekolah aja, El...” keluh Alex pada Pupuy Yudoyono, saat ketiganya berada di kamarnya.
“Lex... tenang dulu... Jangan bersikap bodoh gini dong! Tau nggak Lex, nggak mungkin ada asap kalo nggak ada api! Iya, kan..?”
Alex menatap Ratu Elizabeth dengan tatapan heran. Begitupula Ratu Elizabeth, yang nampak heran mendengar ucapan Pupuy.
“Puy... maksud lo tuh apa? Nggak ada asap kalo nggak ada api? Ee... elo udah mulai suka ngerokok, yahh...?” tanya Ratu, dengan tatapan menyelidik.
“Plis, El... lo diem aja deh. Mending lo duduk tenang aja di sana. Biar gue yang ngurus masalah Alex...”
Ratu Elizabeth garuk-garuk kepala, lalu berjalan menuju sebuah sofa yang berada di sudut kamar Alex.
“Oke, Lex... kita lanjut... Gini, Lex...  eee.... gue yakin, pasti semua ini kerjaan musuh bebuyutan lo! Makanya Lex, elo harus segera mengambil tindakan secepatnya, sebelum semua anak-anak di sekolah lo terlanjur percaya sama berita itu...”
“Iya, gue juga udah yakin banget kalo ini semua pasti kerjaannya si brengsek! Tapi, yang gue bingung, gimana dong caranya, biar masalah ini bisa selesai...”
“Gue tau caranya, Lex...” Pupuy Yodoyono lalu membisikan ucapannya pada Alexa. Ratu Elizabeth yang duduk di sudut buru-buru mencuri dengar.
“Gimana...?! Oke nggak usul gue...?” tanya Pupuy pada Alex, setelah menyampaikan idenya!
“Oke banget! Gue setuju!!” potong Ratu Elizabeth, yang diam-diam menguping ucapan Pupuy. Alex dan Pupuy menatap Ratu Elizabeth dengan tatapan jutek.
***
 Untuk meyakinkan bahwa dirinya bukan lesbian, akhirnya Alex menuruti ide Pupuy, yakni secepatnya memiliki seorang pacar. Hal itu sangat mudah bagi Alex. Dalam waktu kurang dari tiga hari, Alexa Ferissa sudah mendapatkan cowok yang kelak menjadi kekasihnya. Hal itu meruntuhkan berita yang menyebutkan bahwa dirinya lesbi. Dan cowok yang Alexa Ferissa pilih adalah Herdi, yang tak lain sahabat kental Alex Ferdian!
Alex Ferdian tentu aja marah besar pada Herdi. Tetapi Herdi minta maaf sambil mengeluarkan airmata bombay.
“Sori, Lex... gue terpaksa jadian sama dia... Nggak pa-pa deh, kalo elo marah sama dia. Asal semua ini nggak ada hubungannya sama gue.. Plis, Lex...” Herdi membungkuk dikaki Alex Ferdian. Alex terdiam seperti patung.
“Oke Her... gue ngerti...” akhirnya Alex Ferdian ngomong, setelah lama membisu, “semua ini  emang salah gue! Lo tau kan, kalo gue udah lama benci sama dia. Dan elo juga pasti tau, kalo dia juga benci sama gue. Tapi lo juga harus tau, kalo sebenernya udah dari dulu-dulu gue suka banget sama dia. Gue benci sama dia karena gue pernah ditolak. Dia ngaku suka sama gue, tapi nggak mau jadi pacar gue. Itulah yang bikin gue jadi sebel abis ama dia...” lanjut Alex Ferdian, membuat Herdi tersentak.
Herdi menatap Alex, yang mendadak bertampang sedih. Herdi lalu geleng-geleng kepala dan mulai memaksakan diri tersenyum.
“Ya, ya... gue juga udah tau kalo elo tuh sebenernya suka sama dia... Asal lo tau, Lex. Gue tuh nggak bener-bener suka sama Alex. Gue nerima Alex karena cuman mau nutupin masalah gue. Lo mudah-mudahan nggak kaget, kalo gue tuh... nggak pernah suka sama yang namanya cewek...”
Alex terkejut.
“Lo nggak usah kaget, Lex! Elo tuh sahabat terbaik gue! Mudah-mudahan cuman elo dan Alex yang tau tentang gue...”
“Alex tau kalo lo...” Alex Ferdian tak melanjutkan ucapannya.
Herdi mengangguk cepat.
“Dan Alex juga ngaku kalo sekarang ini dia sebenernya pingin banget jadi pacar lo...” ujar Herdi akhirnya.
“Hah...!?? Kok..?!” Alex Ferdian tersentak.
“Ya, kalo emang lo bener-bener pingin jadian sama dia, ntar malem lo temuin dia di lapangan parkir sekolah. Ntar malem kan ada acara gladi resik taekwondo. Dia nunggu di sana jam sepuluh...”
Alex terdiam sesaat. Ia nampak berpikir keras.
“Ya udah kalo gitu. Bilang ke dia, kalo gue bakalan dateng nemuin dia...”
***
Malamnya, tepat jam sepuluh, Alex dan Alex bertemu di parkiran sekolah. Alexa Ferissa duduk di atas kap mobilnya dengan seragam taekwondo yang dibungkus jaket. Alex Ferdian mendekatinya.
Selama hampir lima belas menit keduanya hanya terdiam. Tak ada kata-kata atau makian seperti yang selama ini terjadi bila mereka bertemu. Tiba-tiba Alexa Ferrisa memandang Alex Ferdian. Alex Ferdian membalasnya. Alex dan Alex saling tatap.
“Kenapa sih lo liatnya kayak gitu, Lex...?!”
“Emang nggak boleh!? Mata-mata, gue! Terserah gue dong, Lex!”
“Iya, tapi jangan gitu caranya, dong...!?”
“Ooh, jadi lo nggak suka??”
“Bukannya gitu. Kesannya gue tuh apa gitu...?”
“Lho, emang lo siapa?”
“Eh, gue bukan  siapa-siapa...”
“Nah terus, kenapa lo marah?!”
“Gue nggak marah?!!”
“ALEX!!!” terdengar teriakan dari arah gerbang sekolah. Dua orang satpam yang hendak menutup gerbang memperlihatkan tampang marah. Alex dan Alex memandang ke arah dua satpam itu.
Alex Ferdian menyorongkan tangannya pada Alexa Ferissa. Alexa Ferissa menyambut uluran tangan Alex Ferdian, lalu turun dari kap mobil. Sesaat Alexa Ferissa dan Alex Ferdian saling berpegangan tangan. Namun pada akhirnya keduanya merasa risih. Alex Ferdian segera melepaskan tangan Alexa Ferissa. Alexa Ferissa langsung melap tangannya dengan jaket.
“Apa, lo!!”
“Apa...??!”
Alex dan Alex saling pelotot. Keduanya lalu menatap ke arah gerbang, karena terdengar suara orang mengunci pintu. Alex dan Alex kebingungan. Karena pintu gerbang sekolah sudah ditutup satpam. 
“Elo, sih!”
“Elo, kalee! Kok, nyalahin gue?!”
“Emang elo!”
“Elo...!!”
Alex dan Alex saling menyalahkan. Keduanya kembali adu mulut. Sementara di atas langit rembulan bersinar dengan cahaya yang begitu indahnya. Bintang-bintang berkerlap-kerlip memenuhi langit. Setiap ciptaan Tuhan yang berada jauh di angkasa sana tak pernah terdengar saling ribut, kecuali sepasang makhluk yang mendiami bumi ini... seperti halnya Alex dan Alex...***
                                                                                                                                  *)Pamulang, 2008
Share on Google Plus

About zaenal radar

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Cowok Romantis

Cerpen  Zaenal Radar T. Dimuat majalah Gadis , No.30   11-20 November 2008 gbr: premiumtours.co.uk Bagiku, Palris cowok rom...