Mamat Metro

Mamat Metro

Cewek Jablai

Cerpen  Zaenal Radar T.

Dimuat di majalah Gadis, No.12, 29 April – 8 Mei 2008




           Cuma gara-gara nggak pernah keliatan jalan bareng cowok, masak sih saya dijuluki cewek jablai, alias cewek jarang dibelai...?  Dan beritanya menyebar bukan hanya ke seisi kelas, tapi ke seantero penghuni sekolah! Bahkan sampai ke cowok-cewek yang tinggal di sekitar kompleks rumah saya. Kalo mereka melihat saya melintas, mereka langsung memanggil saya, “Hai Jablaaai...!!”
           Saya mau gimana lagi? Mau ngelawan cuma buang-buang tenaga. Diam aja dikiranya setuju. Gimana dong? Najiis, deh!!!

gbr: www.pinterest.com/chloe-moretz

 ***

 Rasanya nggak ada cara lain selain buru-buru dapet gebetan. Tapi siapa ya, yang jadi targetnya? Kayaknya saya harus minta bantuan Vida. Kalo nggak salah, Vida kan koleksi cowoknya seabrek! Duh, cowok kok dikoleksi? Udah kayak artis ngoleksi sepatu aja??
Nggak apa-apa deh meski cuman dapetin mantan-mantannya Vida. Lagian untuk sementara ini, biar nggak dibilang jablai lagi.
“Glenda, elo tuh manis. Cowok bego aja yang nggak mau jalan sama elo!” ucap Vida, setengah mengomel, saat saya curhat padanya soal gebetan.
“Gue musti gimana, Vi..?? Gue kan cewek, gue harus berbuat apa? Kalo gue cowok, mungkin gue bisa seenaknya ngungkapin perasaan gue sama cewek yang gue suka. Kalo cewek yang gue tembak nolak, gue bakalan nembak cewek lainnya. Sampe gue diterima. Nah, kalo gue cewek...? Mana pantes gue berbuat begitu? Ntar dikira gue cewek kegatelan, lagi?”
“Glenda...Glenda... ini bukan zamannya Siti Nurbaya... cewek juga berhak nembak duluan!”
“Gue juga tau kalo ini zamannya Siti Nurhaliza! Lagian, ngapain sih lo bawa-bawa Siti Nurbaya. Apa hubungannya? Siti Nurbaya kan kisah cewek yang dipaksa merid sama Datuk Maringgih, cowok yang jauh lebih tua darinya...”
“Iya... sedang Siti Nurhaliza nggak perlu dipaksa-paksa merid sama cowok lebih tua kan? Heheh...”
“Vidaaaa! Ngaco, deh! Ngapain jadi ngegosip kayak infotainment? Udah deh, kita ngebahas masalah gue aja. Gimana caranya supaya gua nggak disebut jablai lagi...”
“Oke, oke... gue bakalan bantu elo. Tapi ada syaratnya...”
“Ngapain sih pake syarat segala..?”
“Elo mau gue bantuin nggak??”
“Ya udah, syaratnya apa..?”
“Syaratnya... elo mesti bantuin gue gimana putus sama Devon...”
Sesaat saya terperangah mendengar syarat yang diajukan Vida. Gimana mungkin saya bisa bantu dia mutusin Devon, kalo saya sendiri nggak becus ngadepin masalah cowok, hingga saya disebut cewek jablai.
“Halah! Pake pura-pura bingung lagi lo! Mutusin tuh beda sama ngedapetin!” usik Vida dengan entengnya.
“Ya udah, ntar gue coba...”
Bener-bener keterlaluan ya, si Vida tengik itu. Saya minta tolong gimana cara ngedapetin cowok, dia malah minta bantuan supaya bisa putus sama cowoknya. Mana cowoknya Devon, lagi! Devon kan salah satu cowok keren di sekolah. Saya pikir, si Vida ini ngeledek saya. Khhh...
“Kok, malah bengong kayak anak king kong gitu, Glen??”
“Najis lo Vid! Gue minta bantuan elo malah ikut-ikutan minta tolong sama gue! Ngeledek gue lo Vid??”
“Eh, jangan salah sangka dulu! Elo tenang aja. Elo tinggal jalanin aja trik-trik gue. Termasuk gimana ntar elo bisa ngedapetin cowok dan nggak lagi dibilang jablai sama anak-anak...”
“Ya udah terserah elo! Yang penting gue bisa cepet-cepet dapet gandengan! Truck kaleee...??”
“Heheh, iya deh... elo tenang aja. Dalam waktu kurang dari dua kali dua puluh empat jam...”
“Gue bisa dapet cowok?!!” potong saya, antusias.
“Tamu harap lapor! Hahaha...!”
“Viiid!!!”
“Iya, iya...!! Nggak usah panik gitu deh... dalam waktu dua kali dua puluh emat jam gue jamin lo bakalan dapetin cowok, dan nggak lagi dibilang jablai!”

***

Keesokan harinya saya melakukan apa yang diinginkan Vida sepulang sekolah. Vida menyuruh saya merayu  Devon. Maksudnya, supaya Devon mau saya ajak hang out bareng, terus nanti Vida bakal memergokinya. Ini jadi alasan buat Vida marah sama Devon. Dengan begitu, Vida punya bukti yang ampuh buat mutusin Devon.
Tapi gimana caranya ngerayu Devon? Masalahnya selama ini saya nggak pernah ngajak cowok jalan. Duh, demi nggak mau disebut jablai, berani-beraniin aja deh. Kebetulan Devon lagi sendirian, mudah-mudahan dia mau diajak jalan.
“Devon...”
“Hai Glen...”
Duh, Devon kok kayaknya semangat banget ngerespon gue?
“Dev... eee... mau nggak nemenin gue jalan...”
“Mau dong, Glen! Kebetulan nih,  gue emang udah lama banget pingin jalan sama elo! Heheh...”
“Hah? Gitu ya? Tapi...”
“Kok balik ragu?”
“Anu...eee... Vida ntar marah nggak ya?”
“Tenang aja girl, itu urusan gue. Yuk, kita jalan...”
Ternyata gampil ngegebet cowok saudara-saudara! Kalo tau gini, udah dari dulu saya nggak dibilang jablai sama anak-anak. Sayangnya, kenapa harus jalan sama Devon, yang jelas-jelas cowoknya Vida? Ah, biar aja deh!  Bentar lagi Devon bakalan putus ini, kan? Heheh...
Saya dan Devon jalan bareng ke sebuah mal. Devon ternyata anaknya asyik. Sejak dari koridor sekolah, saya dan Devon jalan bersisian, seolah-olah do’i bener-bener melindungi saya. Sepanjang perjalan bersamanya, nampak satu dua anak melirik ke arah saya dan Devon. Mati kutu mereka! Dijamin, sebentar lagi julukan jablai buat saya bakalan tamat riwayatnya!
Nggak apa-apa deh jalan sama pacar sahabat sendiri. Vida kan udah dijamin nggak bakal marah. Dan dia sekarang sedang menuju ke food court sebuah mal yang sama, buat siap-siap ngejebak Devon. Duh, kok jadi kayak acara ‘playboy kabel’ yang tayang di teve swasta yah...
Setibanya di food court, saya dan Devon langsung mengambil tempat di salah satu sudut. Seorang waiter datang dan memberikan daftar menu. Devon sibuk memilih-milih makanan dan minuman, menanyakan pada saya mau pesan apa. Saya menyebutkan pesanan tapi pikiran saya masih harap-harap cemas, menanti-nanti kedatangan Vida yang akan menjebak Devon.
Sampai ketika menu pesanan datang dan kami berdua menikmatinya, saya nggak mendapat tanda-tanda Vida bakal datang. Dan saat kami berdua selesai makan, mengobrol ngalor-ngidul nggak jelas, Vida nggak nongol-nongol.
“Glen, kayaknya udah sore neh. Kita pulang yuk...” kata Devon, saat saya masih menanti-nanti kedatangan si Vida tengik.
Saya mengangguk setuju dan kami pulang. Devon mengantar saya pulang hingga sampai rumah. Dan tentu saja orang-orang, yang kebanyakan ABG seusia saya yang tinggal  di sekitar gang masuk halaman rumah nampak surprise melihat saya diantar seorang cowok keren. Kata mereka, “Tumbeeeen, jablai pulang dianter cowok...”
“Busyet!! Nasiib, nasiiib...” saya hanya mengeluh pasrah dalam hati.

***

Di hari berikutnya, terutama di sekolah,  sudah nggak terdengar lagi anak-anak menyebut saya jablai. Ini berarti, apa yang saya lakukan kemarin berhasil. Mereka bener-bener mati kutu! Tapi saya rada-rada kesel juga sama Vida. Kenapa kemarin dia nggak dateng menjebak Devon? Sebelum saya maki-maki, ternyata Vida keliatan sedih banget. Sebentar-sebentar Vida melap airmatanya dengan tissue. Saya melirik ke arah tong sampah, ternyata udah penuh sama tissue.
“Vid, kok elo kemarin nggak dateng sih?”
“Sori dumori deh Glen, hiks... Gue lupa... hiks... Gue tadinya emang mau jebak Devon, tapi mendadak Remon nelpon gue... hiks...”
“Ya udah nggak apa-apa.  Tapi jangan mewek gini dooong? Elo kenapa sih? Elo dimarahin Remon??”
“Bukan cuman Remon yang marahin gue... hiks... Si Jeki, Alno, sama Refran juga... hiks... Remon nemuin gue cuman mau bilang putus. Remon udah tau kalo gue punya banyak cowok... hiks... Brengseknya, Remon juga nyelidikan cowok-cowok yang deket sama gue...hiks... Terus mereka kompakan ngedepak gueee... hiks....”
“ELO DIDEPAK COWOK, VID?? Tapi... badan lo sehat-sehat aja?”
“Anjrit lo Glen! Hiks... Gue serius neh! Didepak maksudnya bukan ditendang...hiks...mereka semua mutusin gue!”
“Elo sih, punya banyak cowok. Jadi kena batunya deh...” kata saya dalam hati.
“Gimana dong, Glen??”
“Lha?! Gimana pegimana maksud lo??”
“Ya, gimana dong? Harapan gue tinggal Devon... kira-kira dia marah sama gue nggak ya?”
“Ya enggak, lah... kemarin itu gue nggak ngapa-ngapain kok, sama Devon? Maksudnya, nggak ngebahas ke hal-hal penting. Kita cuman makan dan ngobrolin kejablaian gue...”
“Hehe, bagus deh kalo gitu...” Vida tersenyum.
“Wah, wah... elo udah bisa ketawa lagi Vid...”
Vida lalu memeluk saya, dan saya membalasnya. Menurut saya, ini adalah pelukan dua orang sahabat. Tapi saat saya melirik ke arah dua cowok yang berada di meja sebelah, saya melihat ekspresi heran mereka. Jangan-jangan mereka mengira kalau kami... duh, jadi mokal! Amit-amit kalo mereka mikir saya dan Vida lesbong!

***

Vida udah putus dengan semua cowok-cowoknya, kecuali Devon. Tetapi belakangan ini ternyata Devon udah nggak mau diajak jalan bareng sama Vida. Saya membantu Vida, merayu–rayu supaya Devon bersedia diajak jalan Vida. Nyatanya, Devon teteup nggak sudi!
“Kalo jalan sama elo gue mau, Glen..” ucap Devon, santai.
HUAAHHH...! KENAPA JADI BEGINI...!??
Akhirnya Devon minta putus sama Vida. Vida dengan gentle girl (kan cewek..heheh), mau menerima keputusan Devon. Vida sendiri udah tahu, kalau Devon menyukai saya. Saya jadi serba salah. Mau menerima, takut dibilang ‘pagar makan tanaman’ (Uh, ndangdut banget seh!). Nggak nerima, kembali jadi cewek jablai!
Saya akhirnya pasraah... Devon kan cool, care, dan yang baik-baik ada pada dirinya. Saya dapat merasakannya. Atas desakan Vida, saya mau menerima Devon jadian sama saya. Dan... tamatlah logo ‘cewek jablai’ yang melekat pada diri saya.
Sejak saya jadian sama Devon, nggak ada manusia usil yang nyebut saya cewek jablai. Selamat  tinggal jablaiii!
Tapi... dalam satu kesempatan, saya mendengar bisik-bisik dari anak-anak seantero sekolah dan juga anak-anak kompleks tempat saya tinggal, yang tahu kalau saya resmi jadi gandengannya Devon.
“EH, TAU NGGAK... GLENDA TUH  TUKANG NGEREBUT CEWEK ORANG!!”
Huaaahhh... bener-bener jadi serba salah! Akhirnya, demi menyelamatkan diri, saya memilih putus sama Devon. Emang cowok cuman Devon aja? Biarin deh, saya rela mempermainkan perasaan saya demi nama baik. Di kesempatan lain, saya toh bisa mendapatkan Virlo! (Aha, ternyata nggak susah-susah amat ngedapetin cowok, buat cewek semanis saya). Biar tahu rasa deh semua orang, biar mereka tahu siapa Glenda!
Namun... dalam satu kesempatan lainnya, saya mendengar bisik-bisik dari anak-anak seantero sekolah dan juga anak-anak kompleks tempat saya tinggal, yang tahu kalau saya resmi jadi gandengannya Virlo setelah mutusin Devon.
“EH, TAU NGGAK... GLENDA TUH  PLAYGIRL!”
GUBRAAAKKK!! Ternyata... semua jadi serba salah kalau peduli sama pendapat orang lain. Namun begitu, saya memilih memutuskan hubungan dengan Virlo, karena terus terang aja, saya jadian sama dia bukan karena saya suka atau cinta sama dia, tetapi karea saya nggak mau dibilang cewek jablai. Dan sekarang, setelah saya kembali sendirian, toh saya nggak lagi mendengar kata-kata semua orang tentang diri saya. Bisa jadi begitu, karena saya sudah menutup telinga saya rapat-rapat, dan nggak peduli sama omongan orang lain tentang saya. Saya nggak peduli apakah saya cewek jablai atau bukan. Yang penting, saya ngerasa hepi. Saya yakin, suatu saat saya akan menemukan cowok yang benar-benar saya cintai, dan tak lagi peduli apakah saya cewek jablai atau bukan. Kini saya nikmatin aja deh kesendirian saya... saya benar-benar merasa jadi cewek jablai...alias JANGAN DIBELAI!!!
*)Pamulang, 07 Oktober 2006
Share on Google Plus

About zaenal radar

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Cowok Romantis

Cerpen  Zaenal Radar T. Dimuat majalah Gadis , No.30   11-20 November 2008 gbr: premiumtours.co.uk Bagiku, Palris cowok rom...