Mamat Metro

Mamat Metro

Cewek Bola

Cerpen: Zaenal Radar T.

Sumber: majalah KaWanku, No. 01/XXXII, 1 – 7 Juli 2002.
 
sumber foto: nutarados.wordpress.com/raissa
Teman-teman sekelas menyebutnya Cewek Bola.  Kenapa begitu?  Karena dia maniak bola.  Nama sebenarnya Wulan.  Tapi bukan Wulan Guritno si presenter bola di tivi swasta itu.  Tentu si Cewek Bola ini beda, meski antara dia dan Wulan Guritno sama cakepnya.
Wulan, atau si Cewek Bola ini, penggemar berat sepak bola.  Tapi tidak semua tim sepak bola ia suka.  Ia gandrung sama sepak bola di seri A Liga Italia.  Selain itu, ia juga tak pernah melewatkan siaran kejuaraan di Liga Eropa lain, seperti Piala Champion dan UEFA.  Namun begitu, ia juga tahu sedikit banyak tentang Liga Inggris, Liga Spanyol, Bundesliga, dan liga-liga Amerika Latin.
Bagaimana dengan Liga Indonesia?  Kalo ditanya tentang liga yang satu ini, Wulan Si Cewek Bola ogah komentar.  Dia bilang, malas ngomongin sepak bola Indonesia.  Abisnya, lebih banyak ributnya daripada golnya.  Hihihi...  Padahal, kata si Cewek Bola ini, ia sangat mendambakan sepak bola negeri kita lebih bagus daripada Liga Italia.  Dia berharap Liga Indonesia mampu memiliki pemain-pemain seperti Paulo Maldini, Gabriel Batistuta, Vincent Candela, Fransisco Toti, Costacurta, Montela, Nakata, Toldo, Del Piero, Vieri, Fabian Canavaro, Fiore, dan segudang nama-nama lain yang ia hapal di luar kepala.
Si Wulan ini, kalau udah waktunya siaran bola di tivi, jangan harap bisa dihubungi teman-temannya.  Terutama minggu sore.  Soalnya lagi nonton siaran Liga Italia.  Makanya, orang-orang di rumah pada sewot sama dia.  Maklum, mereka cuma punya satu televisi.  Akhirnya bisa diduga, Wulan Si Cewek Bola selalu ribut sama kedua adik dan Papi-Maminya.
Sayang Wulan selalu kalah suara.  Papi, Mami, dan kedua adiknya paling suka nonton sinetron.  Jadi di rumahnya cuma Wulan seorang yang demen sama sepak bola.
Namun Wulan tak kecil hati.  Sebab tetangga sebelahnya, yang tak lain Om-nya sendiri, mengerti sekali akan keinginannya. Jelas aja, Om Asman juga maniak bola, sih.  Maka setiap Minggu sore Wulan mengungsi ke rumah sebelah!  Kecuali ketika siaran bolanya Minggu dan Senin dini hari, Wulan bisa puas nonton bola sendirian di rumahnya.
“Untung enggak ada sinetron yang ditayangkan dini hari pula,” kata Wulan dalam hati.
Dan Wulan mengaku senang karena siaran Liga Champion secara langsung itu pun ditayangkan pada dini hari.  Wulan si Cewek Bola nge-fans banget sama kesebelasan Real Madrid dari Spanyol.  Soalnya, Real Madrid sudah sembilan kali menjuarai Piala Champion!  Kemenangan terakhir mereka, belum lama ini, mengalahkan kesebelasan Bayer Leverkusen dari Jerman dengan skor 2-1.  Hebatnya, kata Wulan, salah satu gol Real Madrid dicetak oleh Zinedine Zidane, pemain asal Perancis yang jadi pemain paforitnya sejak si jago gocek bola itu bermain di tim Juventus Italia.
Mengapa Wulan begitu suka sepak bola?  Tak ada yang tahu kenapa cewek cakep itu gila bola.  Padahal Papinya enggak suka bola.  Papi suka sama otomotif dan balap kuda. Sementara itu kedua adiknya yang masih SD, sama-sama suka bulu tangkis.  Pemain paforit mereka Hendrawan, yang baru aja jadi penentu kemenangan tim Indonesia mempertahankan gelar Piala Thomas Cup di negeri Cina.
Apalagi Maminya.  Mami benci sepak bola.  Benci banget.  Kata Mami, sepak bola seperti permainan orang gila.  Bayangkan saja, masak bola satu dikeroyok rame-rame!  Mami suka sama fashion dan acara arisan! (Ih, apa hubungannya?)
Maka tak heran bila Wulan selalu jadi bulan-bulanan ketika Om Asman tak ada di rumah, sementara siaran bola berlangsung jam delapan malam.  Wulan kepingin banget nonton bola, tapi semua keluarganya ngotot nonton sinetron!  Kalau sudah begitu, Wulan nekad  ke  warung kopinya pak Markum, yang tak pernah melewatkan siaran sepak bola.  Asyik juga nonton bola rame-rame di warung kopinya pak Markum. Seru banget.  Tapi Wulan agak risih.  Abis, ceweknya cuma dia seorang.
Oleh karena itulah Wulan jadi rajin menabung.  Ia ingin punya tivi sendiri di kamar.  Biar kecil enggak apa-apa.  Yang penting bisa puas nonton sepak bola.  Tanpa diganggu oleh orang lain.  Ia sebal minta ampun bila orang-orang di rumah tak pernah mau mengerti akan kesenangannya.
Tapi meski begitu sadisnya, Papi-Mami tak pernah melarang putrinya menyenangi sepak bola. Sekedar seneng nonton sih enggak apa-apa.  Begitu kata Maminya.  Asal jangan main bola aja.  Kayaknya cewek enggak pantes main sepak bola.  Ribet!  Kan kalau mesti menyundul si kulat bundar itu, bisa bikin rambut acak-acakan.  Apalagi, bila kita habis creambath di salon.  Sayang kan bila dipakai menyundul bola?
Wulan nggak pernah punya niat main sepak bola.  Meski kaos bola di lemarinya bertumpuk.  Wulan cuma suka nonton aja. Wulan suka banget pakai kaos tim-tim hebat.  Wulan sudah punya lebih dari sebelas macam kaos bola, kecuali kaos buat kiper.  Ada kaos dari tim Juventus, AC Milan, Bayer Munchen, Parma, AS Roma, Inter, Real Madrid, MU, Barcelona, Liverpool, Lazio, dan Arsenal. Semua kaos yang ia miliki memakai nomor punggung kepunyaan pemain top. Masing–masing juga ada namanya di bagian punggung.  Ada Del Piero, Maldini, Canavaro, Toti, Raul, Ronaldo, Beckham, Rivaldo, Owen, Nesta, Efenberg, dan Thierry Henry.
Wulan juga sebenarnya punya kaos kesebelasan Persija Jakarta.  Warnanya orange seperti punya tim nasional Belanda. Wulan membelinya di emperan stadion Lebak Bulus sewaktu nonton pertandingan Liga Indonesia, antara Persija Jakarta melawan Persita Tangerang.  Ketika itu Wulan nekad nonton sendirian.  Ceritanya, maksa-maksain diri biar suka sama kesebelasan negeri sendiri.  Sayangnya, pengalaman nonton bola di Lebak Bulus itu bikin kapok.  Karena kepala Wulan benjol-benjol terkena sasaran lempar botol minuman suporter kedua kesebelasan yang lagi pada tawuran!
Bukan cuma itu, menurut Wulan, permainan para pemain Persija dan Persita masih jauh dibanding Real Madrid.  Begitulah komentar terakhir Wulan tentang persepakbolaan Indonesia.  (Terang aja Wulan, Real Madrid udah berumur 100 tahun! Indonesia baru merdeka 57 tahun yang lalu.  Nah, Persija dan Persita?)
Kegilaan Wulan pada bola rupanya cukup berpengaruh pada pergaulannya di sekolah.  Wulan lebih senang nongkrong sama anak-anak cowok yang selalu ngbahas hasil-hasil pertandingan, daripada ngerumpi bareng temen-temen cewek di kantin sekolah.
Dan demi kecintaannya pada bola, Wulan ngebela-belain begadang di depan tivi.  Seperti siaran langsung Piala Champion yang berlangsung tengah malam sampai dini hari.  Sebelum nonton, biasanya Wulan memutar ulang acara pertandingan lewat vcd, yang dijual di toko-toko cd.  Wulan punya banyak koleksi vcd pertandingan Piala Champion.  Maka tak heran bila ia suka ketiduran di kelas.  Semua teman-temannya maklum, pasti Wulan habis menonton bola!
Demikianlah Wulan si Cewek Bola, yang tak mau ketinggalan memelototi siaran pertandingan tim-tim hebat kelas dunia.
***

Pada pertengahan Mei ini sudah tak ada pertandingan Liga Itali, ataupun pertandingan-pertandingan  liga  negara lainnya.  Di Liga Italia, yang jadi scudetto alias juara liganya lagi-lagi kesebelasan Juventus, yang udah jadi langganan juara.  Sayang, Inter Milan yang sebenarnya tinggal selangkah lagi menduduki nilai tertinggi, sejak pertengahan musim kompetisi berlangsung, harus rela berada di urutan ketiga karena tak tahan menghadapi gempuran tim Lazio di pertandingan terakhirnya.  Kalau saja Inter menang lawan Lazio, Inter yang jadi juara.  Namun begitu, Wulan cukup puas Juventus yang juara, meski dia mengharapkan AS Roma.
Setelah seluruh pertandingan liga selesai, maka bersiaplah tim-tim seluruh peserta Piala Dunia berkonsentrasi menghadapi perhelatan akbar setiap empat tahun sekali, Piala Dunia yang di selenggarakan di Korea dan Jepang.  Pertandingan Sepak bola Piala Dunia Korea Jepang di gelar pada 31 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun si Cewek Bola Wulan.  Sayang, Wulan mesti kehilangan Edgar Davis, salah satu pemain paforit lainnya, karena tim Belanda tidak lolos babak kualifikasi Piala Dunia.
Dan Wulan sendiri masih agak bingung mesti pilih tim negara mana.  Yang jelas, tim Belanda yang ada Edgar Davis-nya terpaksa disisihkan  dulu.  Jadi tim manakah yang akan menjuarai Piala Dunia?  Wulan belum punya pilihan.  Habis, semuanya bagus-bagus.  Pemainnya top-top. Di tim Perancis ada Zidane dan Trezeguet. Di Argentina ada Batistuta dan Crespo. Itali punya Toti dan Alessandro Del Piero. Inggris punya Beckham dan Owen.  Spanyol punya Raul Gonzales dan Morientes.  Brazil diperkuat Ronaldo dan Rivaldo.  Portugal diperkuat Luis Figo dan Nuno Gomez. Duh, Wulan bingung mesti pilih tim mana!
Dan lebih bingung lagi, nanti Wulan nonton siaran Piala Dunia di mana?  Di rumah, pasti rese!  Di warung kopi pak Markum, uh... kayaknya risih.  Om Asman pindah rumah, karena pindah tempat kerja.  Wulan enaknya nonton di mana, ya?
Mau beli tivi, tabungannya belum cukup.  Apalagi rencananya bakal dipotong buat biaya ultah pada 31 Mei!  Wulan jadi sebel sama Papi-Maminya, yang belakangan ini pelitnya minta ampun.  Apa karena ada hubungannya sama kesenanganya pada sepak bola?
“Kamu kalau dikasih uang lebih suka aneh-aneh, Wul!” ujar Papi, bulan lalu.
“Coba aja, buat apa kamu beli kaos bola banyak-banyak.  Mau bikin kesebelasan, apa?” lanjut Papi.
“Iya tuh, Pap, masak bola aja mesti punya lima?  Emangnya satu aja enggak cukup?  Satu juga enggak abis setahun!  Kan kamu enggak pernah main sepak bola?” Mama ikut menyerang Wulan.
Meski begitu, Wulan tak kecil hati.  Ia cari akal supaya Papi-Maminya suka sepak bola.  Biar nanti bebas nonton siaran Piala Dunia. Supaya semua orang rumah mau nonton bersama-sama.  Caranya?  Papi-Maminya ia belikan majalah khusus Piala Dunia.  Kedua adiknya pun selalu diajak bicara tentang sepak bola.  Namun semua itu sia-sia.  Semua orang rumah tetap tak tertarik pada sepak bola.  Mereka lebih suka nonton acara sinetron yang lagi seru-serunya!  Waduh, gawat!  Kasihan banget si Wulan!
***
Pagi sekali, pada 31 Mei, saat hari ultah Wulan yang ke 16, sekaligus saat pertandingan Piala Dunia digelar.  Wulan merasa sedih banget.  Hari ultahnya tak mau ia rayakan.  Ia tak mau merayakan momen kebahagiaan, bersamaan dengan kekecewaan.  Masalahnya, di tengah kegembiraan menyambut hari ultah dan kejuaraan sepak bola Piala Dunia Korea Jepang, orang-orang di rumah ngotot untuk tidak mau nonton siaran sepak bola itu!
Siangnya, sepulang sekolah, Wulan keliatan tambah suntuk.  Papi-Mami masih ngantor.  Dua adiknya sudah lebih dulu di rumah.  Keduanya sudah asyik nongkrong di depan tivi.  Uh, Wulan jadi ingat Om Asman.  Seandainya dia masih tinggal di sebelah...
Oh ya, kenapa Om Asman enggak pernah kasih kabar?  Rasanya Wulan kepingin tinggal sama dia, paling enggak selama sebulan, nonton siaran Piala Dunia bersamanya.  Gimana kabarnya Om Asman, ya?  Kenapa dia lupa ulang tahun Wulan?
Tiba-tiba Wulan agak kaget melihat suasana ruang tengah.  Setiap sudutnya ditaburi balon-balon warna-warni berbentuk bola.  Juga beberapa bendera negara-negara peserta sepak bola Piala Dunia.
Namun, tetap aja Wulan suntuk.  Pikirnya, sebulan ini ia tak bisa tenang.  Tak mungkin Wulan bisa bebas nonton siaran sepak bola sebulan penuh, karena pasti kalah sama Papi, Mami dan kedua adiknya!
Pas Wulan masuk kamar, Wulan kaget bukan main!  Surprise!!!  Di kamarnya, televisi baru 21 inch nampak gagah di atas meja.  Di sebelahnya ada kartus pos cantik bergambar bunga Sakura, bertuliskan: “Hadiah dari Om Asman.  Dari kantor baru di kota Yokohama, JEPANG!” ***
*)Pamulang, Indonesia, Mei 2002.
Share on Google Plus

About zaenal radar

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Cowok Romantis

Cerpen  Zaenal Radar T. Dimuat majalah Gadis , No.30   11-20 November 2008 gbr: premiumtours.co.uk Bagiku, Palris cowok rom...